Pendaftaran NPWP untuk WNI yang bukan Wajib Pajak Indonesia

from : PUSAT PENGADUAN PAJAK
to     : Daniel Widyanto
date : Thu, Jul 31, 2008 at 4:09 PM
subject :  Re: NPWP untuk WNI yang bukan WP Indonesia

Karena saudara adalah Subyek Pajak Luar Negeri, maka saudara tidak wajib mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP.

On 7/31/08, Daniel Widyanto wrote:
Dengan hormat,

Nama saya Daniel. Saya bekerja sebagai software engineer di KL, Malaysia. Saya tinggal di Malaysia lebih dari 183 hari (1 tahun 2 bulan berturut-turut) dan telah membayar pajak ke pemerintah Malaysia dalam bentuk pemotongan gaji tiap bulan.

Saya mempunyai sedikit pertanyaan untuk program “Sunset Policy 2008” Dirjen Pajak:

1) Perlukah saya mendaftarkan diri untuk NPWP, mengingat saya bukan wajib pajak Indonesia (berdasarkan “resident” term di agreement Indonesia-Malaysia) ?

2) Jika saya perlu mendaftarkan diri untuk NPWP, dimana saya bisa melakukannya di Malaysia ?

3) Untuk pengisian SPT (dengan asumsi saya harus mempunyai NPWP), bukti apakah yang saya perlukan untuk membuktikan bahwa penghasilan saya tidak didapatkan dari Indonesia ?

Terima kasih atas kesediaan Anda menjawab pertanyaan saya.

Salam,
-daniel

Pusat Pengaduan Pajak hanya menerima pengaduan, apabila ada pertanyaan kami batasi hanya sampai 3 pertanyaan. Apabila saudara memerlukan penegasan jawaban atas permasalahan perpajakan, dapat dikirimkan ke alamat berikut:

Direktorat Peraturan Perpajakan
d/a Jl. Jend. Gatot Subroto No. 40-42
Jakarta 12190
——————————
——————————
Pusat Pengaduan Pajak
(Tax Complaint Center)
Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak
Gedung B, Lantai 4
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 40-42 Jakarta Selatan
Telepon: 500200
Faksimili: 021-525 1245
email: pusat.pengaduan.pajak at gmail dot com


  1. Happy birthday kunil…27th isn’t it?

  2. Maya

    Dengan hormat,

    Seperti Mas Daniel, saya juga tinggal/berkerja di KL dan membayar pajak dari pendapan saya di KL kepada pemerintahan Malaysia. Tetapi, saya juga mempunyai kediam (apartment) di Jakarta yg saat ini saya sewakan.

    1. Perlukan saya mendapatkan NPWP untuk urusan/pendapatan dari persewaan apartment tersebut?

    Terima kasih sebelonya untuk penjelasannya.

    Salam,
    Maya

  3. Dengan hormat,

    Saya rasa Anda bertanya pada orang yang salah.

    Pertanyaan semacam itu seharusnya ditanyakan pada pusat.pengaduan.pajak at gmail dot com, bukan saya.

    Saya bukan ahli soal perpajakan. Sorry =)

    -kunil

  4. Wow…Salut buat Daniel, mau susah payah demi jadi warganegara yg baik. Tp inget, ntar jangan nyesel bila pajak yg dibayar kepada pemerintah kita, hanya dipakai untuk menggaji aparatur negara yg masih banyak melestarikan budaya korupsi dan tidak ada usaha pembangunan dari pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja baru. Ntar pulang dr krj di malaysia jg jangan ngomel karena susah cari kerja lg dan terpaksa jd pengangguran karena sedikit sekali lapangan kerja baru di negara Indonesia ini. Karena saya pernah krj di malaysia, saat kita transfer duit ke Indonesia, sudah cukup pantas rasanya, potongan-potongan, apapun namanya dari pihak bank di Indonesia sebagai wujud kontribusi kita kepada bangsa dan negara.

  5. nila

    bilamana tinggal di indonesia maka wajib membayar pajak ke pemerintah indonesia, bila tinggal di negara lain dan bekerja di negara lain maka wajiblah membayar pajak ke negara lain.

    kalau kita bekerja di luar negeri tapi punya usaha di indonesia yg income masuknya melebihi jumplah minimum pendapatan yg kena pajak indo then otomatis juga mesti bayar ke pemerintah indo krn kita pakai infrastruktur di indonesia.

    bila pemerintah info minta minta kita bayar pajak padahal kita bekerja full time di luar negeri dan tidak memakai infrastruktur di indonesia, ini namanya korupsi konyol pemerintah indonesia di sekala international… , saya jelas jelas mendingan meninggalkan indo selama lamanya, jika pemerintah indo masih sangat tidak bijaksana dalam hal ini.
    Ini kan pemerintah indo tetap judulnya jadi parasit, wong tidak memberikan kontribusi apa apa ke warganya yg bekerja di luar negeri lalu apa hubungannya minta setoran dana dari orang orang indo yang bekerja di luar negeri.
    Sudah bagus warga indo yg ‘creative’ mencari kerja di luar negeri agar mendapat penghasilan memadai guna juga membantu keluarganya di Indo sehingga keluarganya bisa menjadi lebih mapan, daripada tetap tinggal di indo tidak mendapatkan pekerjaan apa apa dan menjadi bantu sandungan, juga pemerintahnya tidak benar benar membantu warganya untuk men-supply pekerjaan / infrastruktur yg memadai.

    Yah singkat kata kalau pemerintah indonesia tidak membangun negara indonesia dengan benar dengan uang pajak yg orang orang indonesia sudah berikan ke pemerintah , apalagi kalau uang warganya yg sudah diberikan secara susah payah dari kerja berat membanting tulang ternyata hanya dipakai untuk korupsi apalagi dipakai sama orang2 pemerintah yg ‘tdk tahu apa yg mereka lakukan’ maka mendingan saya say bye bye sama indonesia dan menjadi warga negara negara lain saja yg hasil pekerjaan pemerintahnya lebih terbukti berjalan dan berhasil sehingga kitapun tidak segan untuk membayar pajak ke pemerinthnya.

    Mestinya pemerintah indonesia menyediakan fasilitas, infrastruktur, peraturan, keamanan, kenyamanan dll-nya yg cukup bijaksana sehingga warganya pun senang untuk tinggal di indonesia dan tidak sungkan untuk membayar pajak dengan kontribusi yg sudah diberikan. Ibaratnya kerja dulu baru gue bayar.
    Ini kalau kerja hasilnya gak keliatan sudah mau minta bayaran, apalagi yg enggak nyambung minta bayaran ke warga negaranya yg kerjanya di luar negeri.. wah ini namanya pengangguran minta bayaran tinggi , sama kaya pungutan liar kelas atas…. aduh amit amit jabang baby.. malu ama negara lain… and siap siap aja orang orang pintarnya indonesia malah lari ke luar negeri karena perlakuan pemerintah yg sangat tidak bijaksana ini…

    Saran saya…
    1. Pemerintah indo melakukan wajib pajak terhadap orang orang yg bekerja di indonesia yg gajinya melebihi standar gaji minimum rata2:
    -karyawan indonesia
    -karyawan asing
    -pengusaha/wiraswasta
    -semua pekerjaan yg menghasilkan uang (investor / atlit / model / dllnya)
    -pemerintah

    2. Pemimpin yg benar harus memberi contoh yg benar, jadi Presiden maupun instasi pemerintah harus menjadi orang orang pertama yg di-kenai pajak. Dengan memberi contoh yg real tidak mustahil warga/rakyat/pengikutnya akan mengikuti pemimpin-nya.

    Terimakasih
    -penegakkeadilanindonesia-

  6. ayu

    pegawai perserikatan bangs-bangsa bayar pajak tidak? trims

  7. Silahkan tanya ke pusat.pengaduan.pajak at gmail dot com




Leave a Reply

  • Recent Posts

  • Archives

  • Categories


