Sejarah Rahasia IT-Industry di Hyderabad

Nggak tahu apa bisa dikonfirmasi kebenarannya ato ga. Ini cerita dari rekan kerja saya yang berasal dari Hyderabad, sewaktu kami mengungsi di Singapore untuk mendapatkan social visit visa 30 hari (lagi) dari Malaysia.

Sejarah IT Hyderabad dimulai tahun 1995-1996. Waktu itu, ada gubernur (head state) Hyderabad yang mendapat pencerahan.

Industri penyokong Hyderabad sebelum era IT adalah agro-industri. Masalah utamanya, hujan di Hyderabad sangat jarang. Katanya di tahun-tahun awal 1995-1996, hujan sudah hampir 10 tahun tidak mengguyur Hyderabad. Karena itu, dalam waktu singkat, jumlah pengangguran di Hyderabad melonjak (karena sawah / ladang tidak bisa ditanami).

Head state Hyderabad waktu itu (lupa namanya) kemudian punya ide untuk bikin semacam "job matching" service. Semua pengangguran, beserta skillnya, di-data dan dicocokan dengan lowongan kerja yang tersedia. Kayanya waktu itu jumlah lowongan yang terbesar adalah IT (call center..kayanya), limpahan dari kesuksesan Bangalore (IT Bangalore dimulai tahun 1990 – 5 tahun lebih tua dari Hyderabad).

Masalah Hyderabad waktu itu adalah jumlah penduduk dengan skill petani / agraris jauh lebih banyak daripada jumlah IT-skilled labour. Lagipula, IT waktu itu adalah barang langka dan mahal. Karena itulah, head state Hyderabad kemudian mengajukan pinjaman ke Bank Dunia, untuk mengembangkan sekolah/universitas berbasis IT.

Alasan yang dipakainya :

  1. Dana pengaman sosial, karena jumlah pengangguran sudah jauh lebih banyak daripada yang bisa ditanggung pemerintah daerah
  2. Memutus hubungan dengan industri agraris. Katanya Head State itu merasa kl industri agraris tidak layak dikembangkan di Hyderabad, karena hujan (air) sangat susah di Hyderabad, biarlah agraris dikuasai state yang lain.

Uniknya, sekolah yang pertama-tama kali dikembangkan di Hyderabad adalah sekolah kejuruan. Mereka menyediakan sertifikasi dari Cisco, Oracle, Sun, Microsoft, Linux (ga jelas apanya yang disertifikasi dari Linux), bahasa Inggris (ada semacam TOEFL gitu kayanya), dsb. So, bukan universitas bergengsi ala Nanyang / NTU singapore. Sekolah kejuruan itu pendek waktu belajarnya, murah meriah (karena pendek waktu belajarnya), dan diakui internasional (karena mereka menyelenggarakan sertifikasi internasional).

Dalam waktu singkat, posisi paling bawah di IT (jadi operator PC, operator call center, dsb) bisa dipenuhi Hyderabad. Kemudian, berangsur-angsur, karena jumlah "buruh" IT di Hyderabad lebih banyak daripada di state lain (kecuali di Bangalore), industri software besar mulai didirikan di Hyderabad.

Sekedar info, jumlah engineering resource di Hyderabad sangat besar, dan kompetisinya sulit (sekarang). Kata teman saya, 5 lowongan kerja di IBM bisa di-ikuti 5000-an orang peminat. Karena itu, tiap sabtu-minggu, banyak perusahaan besar membooking ruangan di univ/sekolah untuk ujian saringan masuk..




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s


  • Recent Posts

  • Archives

  • Categories


%d bloggers like this: