Hobi Bullying Indonesia

Teman kerja gw bertanya pada gw : “Kenapa orang Indonesia begitu benci dengan Malaysia ?”, sambil menunjukkan slogan “Ganyang Malaysia” di monitornya..Waktu itu si gw jawab sekedarnya.

Tapi lama-kelamaan gw mikir juga, kayanya bullying orang emang sudah jadi kebiasaan orang Indonesia. Dulu waktu jaman Suharto, yang paling sering di-bullying adalah orang tionghoa. Sekarang, zaman berubah, yang muslim nge-bullying muslim lain, partai yang lain nge-bulliying partai lain, dan, yang paling baru : nge-bullying warga negara lain (Denmark, Australia, US, Malaysia)…Hmmm…emang bener-bener heboh negara kita.

Kayanya kebiasaan itu harus kita ubah. Bullying adalah tipe prejudice, menyamaratakan semua orang berdasarkan apa yang didengar dari orang lain. Contohnya : wanita dengan pakaian seksi adalah pelacur. WN negara X bangsat semua. Orang keturunan ini hobinya merampok kekayaan negara, dsb, dsb..

Kl gitu caranya, kapan kita bisa menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang bermartabat ? Bangsa yang bermartabat mampu menghargai orang lain, terlepas dari suku / agama /ras / kebangsaan mereka. Selama kita tidak bisa menghargai orang lain, jangan heran kl dunia memandang rendah bangsa kita : bangsa kita masih primordial, primitif, sebangsa manusia gua, dsb dsb.

Kl memang masalahnya adalah paten tempe, kenapa tidak selesaikan dengan hukum ? Kl masalahnya adalah batas wilayah, selesaikan di makamah internasional. Kl masalahnya cuma hak cipta lagu, kenapa tidak kita diskusikan bersama ?

Ada banyak cara untuk menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang hebat, tanpa harus merendahkan bangsa lain.




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s


  • Recent Posts

  • Archives

  • Categories


%d bloggers like this: