Promote The Best, Sell The Rest

Saya dapat ide ini dari Manager Sales Samsung. Menurut pernyataannya di Kompas May 27th, strategi Samsung membangun citra sebagai pelopor teknologi adalah dengan memasang iklan produk-produk terbaik mereka.

Produk-produk seperti HP dual GSM-CDMA, HP 3.5G, LCD TV, dll yang mempunyai teknologi tinggi selalu dipromosikan di media massa. Padahal, harga produk-produk tersebut sangat mahal dan market segmentnya sangat kecil. Produk-produk lain, seperti TV CRT layar datar (versi murahnya LCD TV), hampir tidak mempunyai keunggulan apapun, tapi market segmennya sangat besar. Uniknya produk-produk ini malah jarang dipromosikan oleh Samsung.

Iklan-iklan produk terbaik tersebut turut membangun citra Samsung sebagai pelopor teknologi. Diharapkan, citra itu akan menular ke produk-produk kasta rendah lainnya.

Menurut saya, ini strategi unik yang dapat digunakan untuk membangun image perusahaan teknologi. Kita bisa bikin produk tercanggih, yang pasarnya kecil sekali, tapi mempunyai efek untuk meningkatkan pamor perusahaan kita. Kemudian, kita mengembangkan produk dengan harga murah untuk meraup pasar.

Dengan kata lain, tembak kasta atas dulu sebelum kasta bawah. Kl ga, sangat sulit untuk mengubah citra perusahaan kita sebagai penghasil produk murah (asosiasinya selalu murah dan murahan).

Jangan bermain seperti Nexia, yang berjualan HP murah habis-habisan. Habis itu, kesulitan mengembangkan produk baru. Karena asosiasi customer selalu "Nexia itu murah"..


  1. apakah ini ….
    bos hp dual gsm n cdma yg cocok ama mhs tau ngak bos …




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • Recent Posts

  • Archives

  • Categories


%d bloggers like this: