Prosedur Keberangkatan ke Luar Negeri via Bandara Udara

Berawal dari kesulitan gw mencari info tentang prosedur keberangkatan ke LN via bandara, berikut gw tulisin pengalaman gw tentang prosedur ke LN via bandara udara.

  1. Tukarkan tiket dengan Boarding Pass di Airline Counter. Jangan lupa tunjukin paspor waktu nukerin tiket. Kl lu ada bagasi, disini jangan lupa masukinnya.
  2. Minta kartu Kedatangan/Keberangkatan (Arrival/Departure) dari Airline Counter. Kartu ini digunakan untuk kepentingan imigrasi Indonesia, walaupun gw ga jelas mo diapain kartu itu.
  3. Minta kartu Kedatangan/Keberangkatan (Arrival/Departure) untuk Visa on arrival di Airline Couter (kecuali lu dah punya visa sebelumnya dari konsulat). Gw perlu Visa ini karena gw pergi ke Malaysia (visanya langsung dikasih pas turun di Kuala Lumpur).
  4. Isi semua kartu. Jangan lupa untuk bawa pulpen dari rumah. Susah nyari-nya di bandara.
  5. Bayar fiskal IDR 1juta di kounter pembayaran fiskal. Banyak calo yang nawarin fiskal kurang dari 1-juta, tapi jangan terlalu percaya deh. Susah ngurusnya.
  6. Pergi ke loket  Airport Tax, dan bayar karcis untuk tarif international flight. Di Juanda Surabaya, gw kena Rp100 ribu.
  7. Pergi ke loket imigrasi untuk cek paspor (dan sedikit pertanyaan tentang tujuan ke LN, dsb). Paspor lu dicap disini.
  8. Masuk ke ruang tunggu. Tunjukin pasport, boarding pass, dan airport tax.
  9. Terbang ke LN

Waktu di ruang tunggu, dilarang bawa cairan apapun (termasuk aqua,pembersih kontak lens, dsb). So, kl ada barang-barang cair, masukin ke bagasi ato habisin sblom masuk ruang tunggu.

Nah, good luck dgn perjalanan ke LN lu




    Leave a Reply

      • Recent Posts

  • Archives

  • Categories


