Malam berbintang di langit hari Nyepi

Dua tahun gw di Bali, pertama kalinya gw menghabiskan waktu Nyepi di Bali.

Dulunya si, kesan Nyepi tu angker..Harus masuk rumah, ga boleh ngapa-ngapain kl ga mo diciduk sm pecalang. So, begitu mo Nyepi, cabut dah. Apesnya ga cm gw yg mikir kl pas Nyepi bs pulang. So, th lalu, gw menghabiskan 6-jam lebih di dermaga penyeberangan Gilimanuk. Baru bs nyampai Surabaya jam 13, padahal berangkat dari Bali jam 11-an.

Kali ini gw menghabiskan Nyepi di kantor, berhubung gw disuruh jaga kantor. Sebagai persiapan, gw dah sedia mie instant, nasi jagung, tahu, tahu telor, sambal matah, ayam betutu satu ekor, rambutan, kwani dan biskuit..Siap perang boo..Heheheh…Masaknya aja sampai 2-jam-an.

Maunya si pas Nyepi ga usah masak lagi. Tp ternyata pas Nyepi, nasi jagungnya dah berair dan ayam betutunya ga enak kl dingin. So, pagi-pagi bener terpaksa gw manasin lauk sama nasi..(Emang lauk sm nasi apaan si yg dipakai bwt makan di Nyepi ??? Kok ga bau ?? ).

Abis masak, kerjaan gw nongkrongin internet dan friendster. Tapi ga lama. Setelah 2-jam-an gw dah ga tau mo browsing apaan. So pekerjaan beralih ke baca buku..Sayangnya, ga ada buku yg menarik bwt dibaca..Gw baca lifehacker (Lifehacker: 88 Tech Tricks to Turbocharge Your Day
 
  by Gina Trapani)..Tp bosan jg..Yg kepake cm saran untuk pakai Google calendar (http://calendar.google.com), untuk ngingetin event atau mencatat kenangan (mengemail diri gw di masa depan, bahwa tahun lalu gw dah sampai segini, lg sibuk begini, etc.)..

Bosan baca buku, gw baca kompas edisi kedaluarsa..Ga menarik juga..Kecuali berita bahwa ada eks-engineer Seagate Technology di Singapore bikin usaha daur ulang komponen elektronik bekas dan Depperin kesulitan mencairkan bantuan untuk industri TPT…

Abis baca kedua berita itu, gw tidur-tiduran aja..berharap waktu cepat berlalu..tp ternyata enggak…Abis bangun, ternyata gw cm bs tidur 30 menit..Padahal baru jam 11 pagi..So ngapain lagi..

Gw akhirnya beranikan diri nongol di beranda. Mumpung pecalangnya ga keliatan..Hehehe…Trus gw akhirnya dapat kegiatan : menghitung burung camar yang lewat di langit di depan beranda…Udah ga ada kerjaan bgt..Tp asyik jg kl ngeliatin burung camar..Keliatannya siang-siang itu pas pergantian pasang-surut (banyak ikan yang terjebak di pantai), so lumayan ramai..

Jam 12, gw makan siang, dgn lauk yang dipanasin td pagi. Mayanlah ada kegiatan yg cukup berarti…Tp abis itu, gw balik lagi menghitung burung camar..Ketiduran bentar..Bangun-bangun masih jam 13.30…LAMAAAA sekali waktu berjalan..So, akhirnya gw maen internet lagi, baca koran bekas, dan buku jelek lagi, sambil ngabisin rambutan, kwani, dan biskuit..Kaya udah mo mati aja ni..Sampai keliatan matahari tenggelam..

Abis matahari tenggelam, gw masi curi-curi nyalain lampu si. Trus gw jalan-jalan keluar liatin langit…Baru gw nyadar, kl sabuk galaksi bimasakti bs keliatan jelas dari Bali (ga pernah keliatan dr Jawa)..Lagian, banyak bgt bintangnya, dan terang (sayangnya ga cukup terang bwt dipotret)..

Tapi abis itu, gw kepergok pecalang..Disuruh pulang dan matiin lampu =P…Abis pecalangnya pergi, gw keluar lagi liat bintang..Kayanya taon dp gw harus Nyepi di hotel dekat pantai sambil bawa teropong bintang..Pass bgt..

Gw diluar cukup lama, sampai dikerubungin nyamuk..Abis itu, gw tidur sebisanya..berharap kl bangun dah pagi =D…Akhirnya, satu hari terlewat juga…




    Leave a Reply

      • Recent Posts

  • Archives

  • Categories


