Sony Corp dan Kebangkitan Jepang setelah PD II

Gw tertarik dgn posting ini

dan inilah jawaban gw :
NB: Gw lupa teori Adam Smith tu kaya apa. Yg jelas bukan masalah perputaran roda ekonomi kan ??


Saya rasa Adam Smith tidak memperhitungkan dampak inovasi dan teknologi thd ekonomi.

Setelah Perang Dunia II, ekonomi Jepang hancur lebur. Bahkan untuk makan pun mereka mengimpor gandum dan roti dari USA. Lantas apa yang dilakukan para petinggi Jepang waktu itu ? Untuk membuat industri mesin (industri perkapalan, pesawat terbang, dan senjata –industri-industri favorit saat itu), mereka tak sanggup. Semua industri yang dimiliki Jepang musnah saat Nagasaki dan Hiroshima dibom –Nagasaki dan Hiroshima adalah sentra industri Jepang saat itu..Dari kapal perang, pesawat terbang, amunisi, dan bahan pangan rakyat Jepang ada di situ..Krn itulah kedua tempat itu menjadi target utama sekutu.

Mnrt teori Adam Smith, Jepang harusnya musnah dr muka bumi.. Krn ekonomi mereka bukan lagi timpang, tapi tidak bergerak sama sekali. Tp kenyataannya kan tidak demikian ?

Para petinggi Jepang, dibantu dgn kalangan akademisi Jepang (banyak akademisi Jepang yang lulusan eropa, akibat dr restorasi Meiji) melihat suatu titik terang kecil di ujung kegelapan ekonomi..Bagaimana jika Jepang mengembangkan industri elektronik ??

Industri elektronik, di tahun 1940-an, bukan termasuk industri yang menghasilkan banyak uang. Mobil, industri baja, minyak, dan industri berat-lah yang menjadi favorit saat itu. Tp Kaisar (sebelum tahun 1970, semua kekuasaan dipegang oleh Kaisar/Tenno) setuju untuk mempertaruhkan nasib Jepang di industri baru — industri elektronik.

Tahun 1950, dibentuklah BUMN Jepang yang menangani industri elektronik. Mereka membayar royalti ke RCA Amerika untuk teknologi pembuatan transistor. Dua tahun kemudian, mereka mengembangkan radio transistor yang kemudian meledak di pasar dunia (karena dgn transistor, ukuran radio menjadi lebih kecil).

Beberapa tahun kemudian, pihak pemerintah memutuskan untuk mengganti nama BUMN tersebut. Dari yang ke-jepang-jepangan menjadi western-like, supaya lebih diingat orang..Maka lahirlah “Sony”..

50-tahun kemudian, pd saat ini, Sony adalah raksasa elektronik dunia..Mulai dr HP (Sony-Ericson), games (sony playstation), consumer electronics (diskman, walkman, radio compo, VCD/DVD), sampai perusahaan rekaman (sony – BMG)..

Nah, itulah nasib negara yang katanya tidak bermasa depan (mnrt Adam Smith)..

Sbnarnya kita pun bisa spt Jepang. Asal pemerintahnya jangan sibuk mengisi kantong pribadi. Asal wakil rakyatnya mau berjuang utk kepentingan nasional (bukan konstituennya atau golongannya), atau malah berjuang agar dapat gaji lebih tinggi, dapet proyek, bisa jalan-jalan gratis ke LN…

Hmm…kok kayanya susah ya ?


  1. tambahin lg dunk infox…thx

  2. eikichionizuka

    Ya iyalah mas ya iya donk kalo pemerintahnya jangan sibuk mengisi kantong pribadi gimana mo bisa kaya jepang lha wong pemerintahnya aja cuma mementingkan perut dan kantong pribadi kayak gitu.

  3. jkt-sepatu_kaca

    wakakkakak..

    jgn patah semangat kawan,
    negara ini masih butuh bantuan qT,
    skg bukan bagaimana membuat negara ini berkembang, tapi apa yg sudah qT buat untuk negara ini…
    ^^

    peace,

  4. Mico

    Ya belanda ckr da siap2 untk msuk indonesia lg coy ya kt sbgai gnerasi muda hruz mmpersiapkn diri untk brkompetisi ma mreka we can guys if we think can.yes we can.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • Recent Posts

  • Archives

  • Categories


%d bloggers like this: