Kombinasikan Penelitian dgn Nilai Komesil

Pendapat pribadi saya, penelitian berhenti karena minim dana. Dana minim karena nilai komersil dari suatu penelitian tidak terekspose. Tidak tereksposenya nilai penelitian, karena susah sekali mencari hasil penelitian di Indonesia. Lebih mudah cari info di google.com atau amazon.com..

Efek buruk dari tidak tereksposenya hasil penelitian kita adalah industri kita tidak dihargai dunia..Rasa-rasanya orang beli produk Indonesia krn harganya murah (kl China bisa lebih murah lagi, mampuslah industri Indonesia)..

Mungkin untuk menambah dana riset, selain memikirkan topik riset, juga harus dipikirkan siapa pengguna hasil riset tersebut. Kemudian riset dapat diajukan ke industri / pengguna yang berminat..

Atau bila hasil penelitiannya dah jadi, bagi yang mo punya kopiannya mohon bayar lebih (misal Rp 100 000/hasil penelitian)..Jangan bayar fotokopiannya tok..

Atau bisa juga dijadikan paten / copyright, kemudian ditawarkan ke masyarakat umum..

Dengan demikian, org berminat utk meneliti..buntutnya para siswa jadi berminat menekuni bidang ilmu..buntutnya lagi pendidikan kita bisa maju..

Gimana caranya nawarin riset ke industri : qta bikin milis lagi donk –Masa cuma beasiswa yg bisa dimilis-in.. — Kumpulin yg punya dana, para periset, dan pemilik usaha yg ada. Saya yakin, banyak org yang tertarik dgn peluang usaha baru. Apalagi saat laju inflasi lebih tinggi dr suku bunga deposito…

Anyway, OOT ni, saya lagi tertarik dgn riset biota laut.. Ada nggak algae / ikan yg bisa diternakkan/cultivate, tapi bisa menghasilkan minyak nabati/hewani utk biodiesel ??

Drpd bikin kebun kelapa sawit baru, dan mengusir gajah (kacian gajahnya)..lebih baik kita menanam di laut..Industrinya bisa diaplikasikan di wilayah timur Indonesia, dimana lautnya luas dan dalam, sedangkan daratannya sempit dan tandus, dan masyarakatnya terbelakang..Hitung-hitung majuin wilayah timur gitu..

Kl ada yg minat, bisa japri saya di kunilkuda@gmail.com

Tengkyu




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s


  • Recent Posts

  • Archives

  • Categories


%d bloggers like this: